Skip directly to content

Pfizer EduCare

Pfizer Indonesia merupakan salah satu produsen obat-obat farmasi di Indonesia yang berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dalam menyediakan obat-obatan berkualitas bagi masyarakat. Sejak awal berdirinya, Pfizer berkomitmen untuk menjalankan program-program kemasyarakatan dan corporate citizenship dengan berpedoman pada nilai-nilai luhur Pfizer yaitu Fokus pada pelanggan, Komunitas, Menghargai Sesama, Kinerja, Kepemimpinan, Kerja sama Tim, Integritas, Mutu dan Inovasi. Secara berkelanjutan, kami melakukan berbagai aktivitas bagi praktisi kesehatan untuk mendukung inisiatif lokal dan global dalam membuka akses yang lebih luas terhadap obat-obatan dan perawatan kesehatan manusia yang lebih baik. Berikut adalah beberapa aktivitas edukasi yang dimaksud:

 

1. INDONESIA CORE FORUM

Indonesia CORE Forum merupakan program kolaborasi antar negara Asia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Philippines, Pakistan) yang mengikutsertakan para Key Opinion Leaders dari berbagai disiplin ilmu. Inisiatif program ini diawali ketika masing-masing negara menyadari adanya kesamaan kultur dan budaya serta banyak hal yang berhubungan dengan kesehatan seperti: sarana kesehatan, dokter atau paramedis, kasus penyakit, sistem jaminan kesehatan dan lain-lain, sehingga dirasakan perlu adanya suatu forum diskusi ilmiah sebagai sarana bertukar pikiran antar Dokter dari 6 negara tersebut. Di Indonesia, kegiatan CORE dimulai sejak tahun 2016 dengan melibatkan 15 Dokter Spesialis dari berbagai multidisiplin.

 

2. EDUPRIME

EduPrime merupakan program edukasi kedokteran berkelanjutan yang merupakan kolaborasi antara Pfizer dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar dokter umum di Indonesia terutama dalam hal diagnosis dan tatalaksana terapi sesuai dengan panduan terapi terbaru. Rangkaian kegiatan EduPrime telah dimulai pada tahun 2015. Selama satu setengah tahun berjalan, EduPrime telah melatih lebih dari 3.700 dokter umum di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya dan direncanakan untuk terus dilanjutkan dan diperluas di beberapa kota lainnya seperti Kudus, Malang, Bali dan Samarinda.

 

3. PAIN CLINIC

Pain Clinic adalah suatu program berkelanjutan yang digagas oleh Pfizer untuk mengintegrasikan penanganan nyeri ke dalam satu wadah khusus, yang bertujuan untuk memberi pemahaman yang komprehensif tentang konsep klinik nyeri, diagnosis dan penanganan nyeri yang ditujukan kepada dokter, perawat dan apoteker, baik staf internal maupun eksternal rumah sakit bersangkutan. Program ini juga bertujuan agar rumah sakit yang bekerja sama dengan Pfizer dapat memiliki klinik nyeri sehingga dapat lebih meningkatkan hasil penanganan nyeri kepada pasien. Di tahun 2016, sebanyak 2 (dua) Rumah Sakit di Jakarta dan Bandung telah bergabung sebagai pilot project dalam program ini dan ke depannya diharapkan dapat diperluas ke kota lain di Indonesia.

 

4. HEALTHCARE LEADERSHIP PROGRAM

Program Healthcare Leadership merupakan suatu program pelatihan untuk para tenaga medis manajemen Rumah Sakit yang diprakarsai oleh Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) bekerjasama dengan Pfizer Indonesia untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan penentuan kebijakan Rumah Sakit (RS), serta mampu melakukan inovasi dan kolaborasi dalam sistem kesehatan masyarakat di Indonesia. Sehingga diharapkan para tenaga medis dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada pasien. Melalui program ini, para peserta pun bisa memperluas jejaring komunikasi antar pemimpin RS. Program ini telah dilaksanakan pada tahun 2016 di tiga kota besar dengan melibatkan lebih dari 300 tenaga medis dan manajemen Rumah Sakit dari 151 rumah sakit di Indonesia.

 

5. EDUPHARMA

EduPharma merupakan program edukasi untuk apoteker bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dengan tujuan untuk memberikan informasi beberapa penyakit seperti kardiovaskular, penanganan nyeri dan penggunaan antibiotik yang rasional. Selain itu pada acara ini juga dipaparkan mengenai komunikasi dengan pasien untuk menggalakkan edukasi dari apoteker untuk pasien. Di tahun 2016, EduPharma telah memberikan edukasi pada 1,817 apoteker di 5 kota besar di Indonesia (Bandung, Solo, Semarang, Surabaya dan Manado). Di masa yang akan datang kegiatan ini akan dilakukan di kota-kota lainnya di Indonesia seperti Medan, Jakarta, Yogyakarta, dan Malang.

 

6. EDUHOST

Merupakan program edukasi untuk meningkatkan soft skill dan technical skill yang diperuntukkan bagi seluruh tenaga kesehatan seperti perawat, apoteker, dan lain-lain di rumah sakit. Hingga awal 2017, program EduHost telah diikuti oleh sekitar 800 tenaga kesehatan.

 

WIDPAC3817213/09