Skip directly to content

Kacang Terbukti dapat Mencegah Penyakit Jantung

13/06/17

 

Apakah Anda termasuk yang sulit percaya bahwa kacang memiliki manfaat yang begitu besar? Bahkan para ahli pun tidak percaya begitu saja, andai saja ini bukan merupakan hasil sebuah penelitian yang cukup besar. 

Selama bertahun-tahun, sudah banyak dipublikasikan hasil penelitian yang mengaitkan diet dan kesehatan. Namun belum pernah ada yang secara khusus membuktikan manfaat kacang untuk kesehatan. Berbagai jenis kacang-kacangan hanya dikenal sebagai makanan kaya lemak tak jenuh, protein nabati, dan berbagai jenis vitamin dan mineral.

Maka sulit mengabaikan fakta bahwa mengonsumsi kacang saja tanpa disertai pola hidup sehat termasuk mengonsumsi makanan sehat lainnya dan rutin berolahraga, akan benar-benar bermanfaat. Tetapi faktanya, hasil analisis terhadap 20 penelitian yang pernah dipublikasikan  menunjukkan bahwa orang yang setiap hari rutin mengonsumsi minimal 28 gram (segenggam) kacang-kacangan ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker bahkan kematian sampai 20%!

Tentu saja kacang yang dimaksudkan dalam penelitian ini bukan kacang goreng yang asin atau dibumbui dengan aneka perasa. Garam saja sudah masuk kategori makanan tidak sehat. Penelitian dilakukan oleh banyak sekali ilmuwan dari berbagai negara, antara lain Norwegian University of Science and Technology, peneliti dari Imperial College London, serta didukung beberapa institusi di Amerika Serikat. Hasil penelitiannya sudah dipublikasikan di jurnal BMC Medicine.

Secara singkat, penelitiannya adalah sebagai berikut. Ada 20 penelitian tentang kacang dan manfaatnya untuk kesehatan yang dianalisis, melibatkan ratusan ribu orang. Peserta studi yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan minimal 28 gram/hari, ditemukan mengalami penurunan penyakit kardiovaskular sampai 21%.  Jika asupan kacang ditingkatkan, maka penurunan risiko penyakit jantung juga semakin tinggi asalkan kelebihannya tidak lebih dari 15 gram/hari. Bahkan 12 penelitian menemukan risiko penyakit jantung dapat diturunkan sampai 29%.

Selain penyakit jantung, konsumsi kacang-kacangan juga terbukti menurunkan risiko kanker sebesar 15% dan kematian sebesar 22%. Bahkan peneliti menemukan bahwa 4,4 juta kematian dini di tahun 2013 pada orang Amerika, Eropa, Asia Tenggara dan Pasifik Barat dikaitkan dengan konsumsi kacang kurang dari 20 gram sehari.

Maka disimpulkan oleh peneliti bahwa jika ingin terhindar dari penyakit jantung, kanker atau kematian dini, tidak ada salahnya mengonsumsi segenggam kacang rebus setiap hari. Kacang jenis apapun asal sehat. Kacang kaya akan protein nabati yang jauh lebih sehat dibandingkan protein hewani. Namun, tetap dianjurkan melakukan gaya hidup sehat lain seperti diet seimbang, olahraga teratur, tidak merokok, membatasi konsumsi alkohol, dan hindari stress.

 

Referensi:

http://www.nhs.uk/news/2016/12December/Pages/Handful-of-nuts-cuts-heart-disease-and-cancer-risk.aspx

 

PP-CPF-IDN-0039-AUG-2018