Skip directly to content

Kanker Apa Langkah Selanjutnya ?

11/07/18

Terdiagnosis kanker, bisa menghancurkan hidup seseorang. Setelah rasa terkejut Anda memudar, Anda pasti bertanya-tanya, selanjutnya apa? Banyak hal yang harus dipikirkan dan dihadapi kedepannya. Artikel ini dapat membantu anda untuk mengetahui apa yang akan dihadapi dan bagaimana mengatasi ketakutan dan kecemasan setelah terdiagnosis kanker. Berikut tips dibawah ini yang dapat membantu Anda memulainya

Pahami diagnosis Anda. Berkomunikasilah dengan tenaga kesehatan Anda untuk mendapatkan informasi sebanyak - banyaknya tentang diagnosis kanker yang Anda miliki. Bertanya dan belajar dari jawaban yang diberikan dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang akan Anda hadapi kedepannya. Contoh, Anda dapat mengetahui bagaimana pengobatan akan direncanakan dan bagaimana kanker akan mempengaruhi hidup Anda. Akan sangat membantu jika Anda menyiapkan daftar pertanyaan yang ingin diskusikan dengan dokter Anda. Membuat catatan merupakan langkah bagus untuk mengingat diskusi Anda dengan dokter Anda.

Cari tim kesehatan yang tepat. Biasanya diperlukan banyak pihak untuk merawat dan mengobati kanker. Misalnya, selain dokter umum, Anda juga akan menerima perawatan dari ahli onkologi (dokter spesialis dalam mendiagnosa dan mengobati kanker), ahli bedah onkologi, ahli gizi, spesialis penanganan nyeri, dan lainnya.

Pelajari pilihan-pilihan pengobatan untuk kanker. Jenis pengobatan yang akan Anda terima tergantung dari kanker yang Anda miliki, seberapa jauh kanker tersebut telah menyebar (disebut tingkat kanker), sejarah kesehatan, dan kebutuhan pribadi Anda. Selama pertemuan dengan tenaga kesehatan Anda, tanyakan tujuan dari pengobatan yang diberikan (contoh, apakah pengobatan tersebut untuk menghentikan penyebaran kanker atau menyembuhkannya) pilihan pengobatan yang ada, berapa lama pengobatan tersebut akan berlangsung, dan apa efek sampingnya.

Membentuk sistem dukungan. Dukungan dan hubungan emosional bisa menjadi bagian penting dalam rencana pengobatan Anda. Hal ini termasuk komunitas online dan layanan telfon atau live chat yang bisa Anda cari di website.

Pikirkan bagaimana memberitahu orang sekitar Anda. Memutuskan kapan, apa, dan bagaimana membicarakan tentang kanker merupakan keputusan yang sangat pribadi.

Belajar mengendalikan emosi Anda. Saat Anda terdiagnosis kanker, mengendalikan emosi menjadi hal yang cukup menyulitkan. Anda mungkin memiliki emosi yang sebelumnya tidak pernah ada atau emosi Anda akan berubah dari waktu kewaktu.

Atur keuangan dan jaminan kesehatan Anda. Mengatur aspek keuangan saat terkena kanker dan pengobatannya merupakah langkah penting dalam perjalanan penyembuhan Anda. Luangkan waktu untuk melihat pilihan asuransi yang tersedia, seperti asuransi swasta, asuransi dari perusahaan dan asuransi yang disediakan pemerintah. Akan bermanfaat juga untuk mempelajari beberapa aturan tentang asuransi kesehatan seperti cuti kesehatan. Dan jika Anda khawatir mengenai pembayaran perawatan medis atau resep obat, Anda mungkin dapat menerima bantuan keuangan dari pihak ketiga.

Mengelola hidup dengan kanker. Terdiagnosis kanker dan menerima pengobatan mungkin berdampak dalam kehidupan sehari-hari Anda dan juga keluarga Anda. Jangan ragu untuk berbicara dengan tenaga kesehatan Anda mengenai bagaimana pasien lain menjalani kehidupannya dengan kanker.

 

Referensi:

https://www.gethealthystayhealthy.com/articles/its-cancer-now-what last access on June 22, 2018

PP-CPF-IDN-0010-JUN-2018