Skip directly to content

Kebiasaan Tidur Pria Mempengaruhi Kesuburan Pasangan

13/06/17

 

Kesulitan memiliki buah hati dapat disebabkan banyak sekali faktor, baik fisik maupun psikologis. Tetapi baru-baru ini ditemukan penyebab pasangan sulit memiliki keturunan, yakni karena kebiasaan tidur yang buruk dari para suami. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan pria tidur terlalu lama atau kurang tidur, menurunkan kesempatan pasangan untuk hamil hingga 42% dalam masa 12 bulan. 

Tidur cukup, yakni 8 jam diyakini berdampak pada kesehatan pria secara keseluruhan. Dalam penelitian terbukti, pria-pria yang tidur cukup dan kualitas tidurnya pun baik, memiliki peluang tertinggi menghadirkan kehamilan pada pasangannya. Ada 760 pasangan di Amerika Serikat dan di Kanada yang mengikuti penelitian. Mereka adalah pasangan muda yang tengah menantikan kehadiran buah hati.

Ini adalah penelitian pertama yang menganalisa durasi tidur pria dengan kesuburan. Selama setahun pasangan-pasangan ini diminta mengisi kuesioner mengenai kebiasaan tidur dan gaya hidup mereka. Ternyata pasangan (istri) dari pria yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam atau lebih dari 9 jam sehari, memiliki peluang hamil lebih kecil dibandingkan mereka yang memiliki suami waktu tidurnya cukup, 8 jam sehari. 

Penelitian ini menambah lagi bukti bahwa tidur sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang. Kesehatan reproduksi seorang pria ditentukan oleh kebiasaan mereka seperti merokok, minum alkohol, aktivitas fisik, frekuensi hubungan seksual dan kebiasaan tidur. Tidur rupanya ada hubungan langsung dengan kadar testosteron, hormon yang berperan penting dalam menentukan kesuburan seorang pria. Testosteron ini mengalami puncak produksi selama tidur. Selain mempengaruhi produksi testosteron, tidur berkualitas dan cukup juga meningkatkan kualitas sperma. 

Penjelasan lain mengapa tidur berpengaruh pada kesuburan pria adalah pada irama sirkadian. Irama sirkadian (waktu bangun dan tidur yang teratur) menurut penelitian ikut mempengaruhi kualitas cairan semen.

Untuk membantu seorang pria tidur teratur, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Pertama, lupakan persoalan esok hari. Biasakan menyelesaikan pekerjaan di hari yang sama sehingga malam hari di waktu istirahat tidak membuang-buang waktu memikirkan pekerjaan yang belum selesai. Kedua, tidak berpikir keras atau melakukan refleksi diri menjelang tidur. Gunakan waktu menjelang tidur untuk bersyukur sehingga mendapatkan ketenangan batin. Ketiga, jauhkan semua peralatan elektronik termasuk telepon genggam menjelang waktu tidur. Cahaya dari layar elektronik akan membuat Anda sulit memejamkan mata sehingga menurunkan kualitas dan waktu tidur. Keempat, jangan makan atau minum kopi menjelang tidur.

 

Referensi:

http://www.huffingtonpost.com/entry/sleep-affects-male-fertility-getting-pregnant_us_58126b5ce4b0390e69cf2635

http://www.universityherald.com/articles/52697/20161201/sleep-related-habits-unsuccessful-people-avoid.htm

 

WIDPAC0817134/01