Skip directly to content

Kesehatan Anak Dipengaruhi Hubungan dengan Orangtua

12/06/17

 

Semua orangtua menginginkan anak-anak mereka tumbuh sehat sampai dewasa. Sejak dilahirkan, orangtua yang baik akan memberikan kebutuhan nutrisi terbaik agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Tetapi beberapa orangtua melupakan bahwa pertumbuhan fisik saja tidak cukup. Perkembangan emosi anak, salah satunya ditentukan oleh hubungan antara anak dan orangtua yang harmonis, ternyata ikut menentukan kondisi kesehatan anak di masa depan. Penelitian mengatakan bahwa kurangnya kehangatan di keluarga tidak ada gunanya, meskipun si anak hidup di lingkungan dengan status sosial ekonomi tinggi.

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Baylor, anak akan tumbuh sehat pada lingkungan rumah yang hangat. Sebaliknya anak yang dibesarkan dengan penuh kekerasan, tidak akan tumbuh sehat saat dewasa.

Penelitian-penelitian sebelumnya menyatakan bahwa anak dapat tumbuh dan berkembang  dengan baik pada status sosial ekonomi tinggi. Ditandai dengan pemberian nutrisi yang baik, lingkungan yang sehat dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial. Tetapi, intervensi atau keterlibatan orangtua-anak sangat diperlukan agar anak dapat makan, tidur, dan beraktivitas rutin dengan gembira.

Jika hubungan orangtua dan anak dipenuhi ketegangan dan kekerasan, maka akan menciptakan suasana makan yang buruk. Ada kemungkinan berdampak pada pilihan diet anak yang tidak terpola. Anak-anak akan lari pada makanan yang manis atau tinggi lemak dan banyak menghabiskan makanan ringan. Tidur dan aktivitas rutin juga dapat menjadi kurang teratur, dan mereka tidak lagi melakukan gaya hidup sehat dan keterampilan sosial dan emosional yang bermanfaat dalam meraih kesuksesan.

Penelitian tentang kesehatan pada usia paruh baya, dikaitkan dengan hubungan orangtua dengan anak di masa kecil, dipublikasikan di Journal of Health and Social Behavior. Dalam penelitian ini, mereka yang di usia pertengahan memiliki kondisi kesehatan yang buruk kemudian ditelusuri masa kecilnya. Ditemukan bahwa kekerasan di masa kanak-kanak membuat perlindungan terhadap penyakit sangat lemah. Apalagi pada anak-anak dengan latar belakang sosio-ekonomi yang tidak baik.

Sehat di usia dewasa dalam penelitian ini adalah terbebas dari 28 jenis penyakit termasuk kanker, penyakit pembuluh darah atau pernapasan, penyakit gangguan hormonal, penyakit pada sistem saraf pusat, infeksi dan parasit, penyakit kulit atau pencernaan dan penyakit pada persendian.

Untuk merekatkan hubungan anak dan orangtua, ada setidaknya 4 hal yang harus dilakukan orangtua.

1. Nikmati peran sebagai orangtua. Perbaiki perilaku untuk menjadi orangtua yang baik dan bangun hubungan yang baik dengan anak sedini mungkin, dengan menekankan kejujuran dan konsistensi.

2. Hormati anak. Menjadi orangtua yang baik dengan banyak mendengarkan dan ajarkan anak membuat keputusan sendiri.

3. Luangkan waktu sebanyak mungkin dengan anak. Menjadi orangtua adalah pekerjaan seumur hidup. Jika Anda banyak menghabiskan waktu untuk bekerja, maka Anda akan kehilangan waktu yang sangat berharga bersama anak-anak, yang tidak mungkin terulang.

4. Jadikan anak prioritas dalam hidup. Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab untuk memberi makan, pakaian, mendidik dan melindungi anak. Biarkan mereka tahu bahwa mereka adalah prioritas, namun Anda harus tetap menjadi diri Anda sendiri.

 

Referensi:

https://www.eurekalert.org/pub_releases/2016-10/bu-grw100416.php

https://www.empoweringparents.com/blog/4-tips-for-a-healthy-parent-child-relationship/

 

PP-CPF-IDN-0030-AUG-2018