Skip directly to content

Mengapa Kanker Pankreas Sulit Dikalahkan?

13/06/17

 

Sampai saat ini ada puluhan bahkan ratusan jenis kanker. Bisa dikatakan, hampir sebagian besar jaringan tubuh kita dapat terkena kanker. Namun ada beberapa jenis kanker yang sampai saat ini sulit ditaklukkan, dibandingkan kanker lainnya. Salah satunya adalah kanker pankreas.

Di Amerika Serikat kanker pankreas menjadi penyebab utama ketiga kematian akibat kanker. Hanya 20 persen pasien yang dapat bertahan hidup lebih lama dari 1 tahun, dan yang mampu bertahan hidup sampai 5 tahun jumlahnya lebih kecil lagi, hanya 7%. Bandingkan dengan penderita kanker payudara di mana  hampir 90 persen pasien  pasien kanker payudara dapat bertahan hidup sampai 5 tahun dengan pengobatan.

Pankreas adalah salah satu dari begitu banyak organ penting di rongga perut. Ada banyak penyakit yang ditemukan di pankreas, mulai dari radang pankreas (pankreatitis) akut maupun kronis hingga kanker pankreas. Untuk mendeteksi penyakit pada pankreas bukan hal mudah karena letaknya yang jauh di belakang dan bawah rongga perut.

Kanker pankreas dimulai di jaringan pankreas. Pankreas mengeluarkan enzim untuk pencernaan dan hormon yang membantu mengatur metabolisme gula, salah satunya insulin. Perjalanan penyakit kanker pankreas sangat buruk, sehingga umumnya dideteksi dalam stadium lanjut. Tetapi bahkan ketika didiagnosis lebih awal, tetap saja penyakit ini cepat memburuk dan berdampak fatal. Tanda dan gejala umumnya tidak muncul sampai kanker sudah menyebar dan tidak mungkin lagi dilakukan operasi.

Meskipun belum diketahui penyebabnya, namun diduga ada faktor risiko tertentu yang membuat peluang seseorang mengalami kanker pankreas meningkat. Di antaranya kelebihan berat badan, inflamasi atau peradangan kronis di pankreas, penderita diabetes, dan ada faktor riwayat kanker di keluarga terutama kanker yang dipicu mutasi gen BRCA2. Kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Ada beberapa teori yang bisa menjelaskan mengapa kanker pankreas sulit disembuhkan. Pankreas adalah organ yang letaknya sangat dekat dengan lambung dan cairan yang dihasilkan pankreas akan disalurkan ke usus halus, sedangkan  insulin dialirkan ke seluruh tubuh. Kanker yang berkembang di pankreas membuat semacam benteng di sekitar tumor. Bahkan, ketika tumor pankreas diangkat melalui operasi, ternyata setelah diteliti di laboratorium, hanya sebagian kecil yang merupakan sel-sel kanker, sisanya adalah jaringan parut dan sel-sel lainnya yang disebut tumor mikro.

Jaringan parut inilah yang menghalangi obat kanker mencapai sel-sel kanker di pankreas, dan juga menciptakan lingkungan hidup yang keras untuk kanker. Sebenarnya, ketika sel kanker tumbuh dan berkembang di pankreas, ia "tumbuh" di lingkungan yang sangat sulit. Oleh karena itu, kanker menjadi tangguh, tahan terhadap pengobatan standar, tidak mempan dengan serangan sistem kekebalan tubuh dan juga obat-obatan kanker tercanggih sekalipun.

Para ahli sudah melakukan berbagai penelitian tentang pengobatan terbaik kanker pankreas. Karena sifat sel kankernya yang unik, tentu harus dilawan dengan cara yang unik pula. Salah satunya dengan melihat pankreas sebagai organ yang mengatur gula darah. 30% pasien yang memiliki kanker pankreas ternyata memiliki kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol. Gula darah tinggi tentu akan semakin menyuburkan sel tumor karena ia akan mendapatkan pasokan darah yang kaya nutrisi. Maka mengendalikan gula darah pada penderita kanker pankreas termasuk pendekatan yang penting.

Belum lama ini sebuah penelitian juga memberikan wawasan tentang bagaimana kanker pankreas berkembang dan menyebar, sehingga menawarkan harapan untuk diagnosis dan pengobatan yang lebih baik. Menurut penelitian, kanker pankreas memang berkembang sangat cepat dan tidak melalui proses yang bertahap dan berurutan. Inilah mengapa kanker menjadi sulit dideteksi dini. Kedepan diharapkan dapat ditemukan strategi yang lebih baik untuk mendiagnosa dan mengobati  penyakit yang mengerikan ini.

 

Referensi:

http://www.ctvnews.ca/health/pancreatic-cancer-develops-like-a-big-bang-study-1.3112314

http://www.philly.com/philly/blogs/diagnosis-cancer/Why-is-pancreatic-cancer-so-hard-to-kill.html

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pancreatic-cancer/basics/definition/con-20028153

 

PP-CPF-IDN-0028-AUG-2018