Skip directly to content

Nyeri Punggung Bawah dan Bagaimana Mengatasinya

11/07/18
Ada satu kondisi medis yang banyak dari kita alami, yaitu nyeri punggung bawah. Berikut beberapa fakta mengenai penyakit tersebut:
  • Delapan dari sepuluh orang dewasa akan mengalami nyeri punggung bawah selama hidupnya
  • Hal ini mempengaruhi pria dan wanita secara seimbang
  • Di tahun 2010, nyeri punggung bawah menyebabkan cacat secara global lebih banyak dibandingkan kondisi medis lainnya
  • Nyeri punggung bawah merupakan penyebab paling umum pada pekerja dan alasan utama mengapa mereka tidak masuk kerja
  • Pada tahun 2013, hampir 3 dari 10 orang dewasa mempunyai nyeri punggung bawah dalam 3 bulan terakhir
Apakah ada perbedaan jenis nyeri punggung bawah? Ada dua jenis nyeri punggung bawah: akut dan kronis
Nyeri punggung bawah akut berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Hal ini biasanya akan hilang dengan perawatan sendiri dan tidak menyebabkan gangguan dalam jangka panjang. Nyeri punggung bawah akut biasanya disebabkan oleh cedera otot yang terjadi secara tiba-tiba atau cedera ikatan sendi bagian belakang yang disebabkan oleh mengangkat barang berat atau jatuh.
Nyeri punggung bawah kronis berlangsung selama 12 minggu atau lebih─bahkan setelah penyebab nyeri punggung bawah akut telah diobati. Sekitar 2 dari 10 orang yang mempunyai nyeri punggung bawah akut, dapat berlanjut menjadi nyeri punggung bawah kronis.
Apa yang menyebabkan nyeri punggung bawah? Ada banyak penyebab nyeri punggung bawah, serta faktor-faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut. Hal ini termasuk:
  • Strains/Sprains. Strains merupakan tertariknya atau robeknya otot atau tendon (jaringan yang menghubungkan otot ke tulang). Sprains adalah tertariknya atau robeknya ligamen (jaringan yang menghubungkan tulang pada sendi)
  • Degenerasi diskus. Hal ini terjadi ketika bantalan diskus di tulang belakang kehilangan fleksibilitasnya
  • Herniasi/pecahnya diskus. Terjadi ketika diskus tertekan hingga menonjol keluar (herniasi) atau pecah
  • Skiatika. Mengacu pada rasa sakit yang disebabkan tertekannya saraf panggul, saraf besar yang membentang dari bokong hingga bagian bawah belakang kaki.
  • Spinal stenosis. Penyempitan tulang belakang yang dapat menyebabkan rasa sakit ketika berjalan dan akhirnya akan mati rasa
  • Struktur rangka tulang yang tidak beraturan. Hal ini termasuk lengkungan tulang belakang (disebut scoliosis) atau lengkungan tulang belakang yang berat (disebut lordosis)
  • Trauma/cedera. Berolahraga, jatuh, atau mengalami kecelakaan saat berkendara dapat mencederai otot, tendon, atau ligamen di punggung. Trauma / cedera juga dapat mengakibatkan herniasi atau pecahnya diskus.
  • Kondisi medis yang mendasar. Termasuk osteoporosis (hilangnya kepadatan dan kekuatan tulang), endometriosis (gumpalan jaringan rahim yang berada diluar rahim) dan fibromyalgia (nyeri otot kronis dan kelelahan)
Apa saja faktor resiko bagi nyeri punggung bawah?
  • Penuaan. Semakin bertambahnya usia, kita kehilangan kekuatan tulang, elastisitas serta tonus otot. Selain itu, diskus di tulang belakang kurang mampu menahan beban tulang (tulang di bagian tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang dan saraf yang mendukung tubuh)
  • Kebugaran tubuh yang buruk. Nyeri punggung bawah lebih sering terjadi pada orang yang keadaan fisiknya tidak bugar. Hal ini terjadi karena punggung yang lemah dan otot perut yang tidak mendukung tulang belakang dengan benar.
  • Kegemukan. Orang yang kelebihan berat badan atau yang mudah bertambah berat badannya membebankan stress berlebih pada punggungnya
  • Melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga fisik. Orang yang pekerjaannya memerlukan mendorong, menarik atau mengangkat barang berat, berisiko untuk cedera dan nyeri punggung.
  • Mempunyai pekerjaan yang duduk dimeja. Duduk di belakang meja sepanjang hari dapat menyebabkan nyeri punggung, terutama pada orang yang memiliki sikap duduk yang buruk atau duduk dikursi yang tidak memberikan topangan yang cukup.
  • Kehamilan. Banyak wanita hamil yang memiliki nyeri punggung bawah akut. Hal ini terjadi karena perubahan dalam distribusi panggul dan berat badan. Nyeri punggung bawah jenis ini biasanya akan hilang setelah kelahiran anak.
Apa saja pilihan pengobatan bagi nyeri punggung bawah?
Nyeri punggung bawah akut biasanya akan membaik dengan pereda nyeri yang tersedia di toko obat sekitar untuk meringankan rasa sakit. Tenaga kesehatan dapat merekomendasikan obat apa yang perlu dikonsumsi serta tindakan lebih lanjut. Mereka juga dapat menjelaskan kemungkinan manfaat perawatan seperti terapi panas atau dingin dan terapi pijat.
Orang dengan nyeri punggung bawah biasanya direkomendasikan untuk berhenti melakukan aktivitas fisik sehari-hari mereka untuk beberapa hari. Namun selalu komunikasikan dengan tenaga kesehatan Anda mengenai rencana perawatan spesifik yang harus Anda jalani. Ketika melanjutkan kegiatan sehari-hari Anda, lakukan secara perlahan. Sebagai contoh, mulailah dengan aktivitas seperti berjalan, bersepeda dan berenang. Bicarakan juga dengan penyedia tenaga kesehatan Anda tentang jenis latihan peregangan dan penguatan yang dapat Anda lakukan untuk punggung Anda.
Pilihan pengobatan untuk nyeri punggung bawah kronis termasuk:
  • Olahraga dan terapi fisik. Program terapi fisik dapat meliputi latihan dan teknik untuk memperkuat otot yang mendukung punggung bawah. Olahraga juga dapat membantu meringankan rasa sakit dan dapat mengurangi risiko nyeri datang kembali. Sangat penting untuk berbicara dengan tenaga kesehatan Anda sebelum melanjutkan atau memulai sebuah program olahraga.
  • Obat-obatan. Hal ini termasuk obat-obatan nyeri yang tersedia ditoko obat atau resep dari dokter. Anda dan tenaga kesehatan Anda dapat mendiskusikan pilihan terbaik untuk nyeri punggung bawah yang Anda alami.
  • Perawatan alternatif dan pelengkap. Perawatan ini termasuk manupulasi tulang belakang, akupuntur, pijat dan yoga.
  • Operasi. Hal ini biasanya disediakan untuk orang-orang yang tidak mendapatkan bantuan yang cukup dari perawatan non-bedah dan mereka yang mungkin mempunyai perubahan struktur seperti herniasi diskus dan spinal stenosis.
Sangatlah penting untuk beberapa orang yang menderita nyeri punggung bawah kronis untuk memiliki ekspektasi tingkat pereda nyeri yang realistis dan aktivitas yang akan mereka dapatkan dari perawatan nyeri. Jika Anda mengalami nyeri punggung bawah kronis, membicarakan tujuan pengobatan mungkin akan membantu bagi Anda dan tenaga kesehatan Anda. Pastikan untuk meninjau kembali tujuan Anda secara berkala.
Kapan seharusnya seseorang dengan nyeri punggung bawah bertemu dengan dokter? Mungkin Anda tidak perlu segera kedokter untuk sakit punggung ringan, namun sebaiknya Anda hubungi dokter Anda jika:
  • Rasa nyeri tidak kunjung reda setelah 72 jam dari pengobatan pribadi
  • Rasa nyeri yang semakin berat
  • Anda mengalami mati rasa, kesemutan, atau kesulitan bergerak
Namun, Anda harus temui tenaga kesehatan Anda sesegera mungkin jika sakit punggung Anda terjadi karena jatuh yang mengakibatkan cidera parah; atau jika Anda mempunyai nyeri punggung bersamaan dengan kesulitan buang air kecil, lemah, rasa sakit atau mati rasa dibagian kaki, demam, atau penurunan berat badan secara tiba-tiba.
Referensi:
PP-CPF-IDN-0012-JUN-2018