Contact UsInvestorsNews and MediaCareersScienceContact Us
Home NewsMendorong Kemajuan Pendidikan Bioteknologi Kesehatan Di Indonesia

Mendorong Kemajuan Pendidikan Bioteknologi Kesehatan Di Indonesia

JAKARTA, 14 Oktober 2022 -- Pfizer Indonesia, bersama dengan ikatan Program Studi Bioteknologi Indonesia (IPSFBI), hari ini membahas berbagai upaya dengan Pemerintah dan stakeholder terkait untuk mendorong kemajuan pendidikan bioteknologi kesehatan di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai pembuka dari rangkaian program HigherHeight 2022 yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, tenaga pengajar serta mahasiswa yang unggul dalam bidang bioteknologi kesehatan di Indonesia.

Program HigherHeight berupaya untuk mengakselerasi transformasi talenta kesehatan dalam kerangka transformasi kesehatan nasional melalui pelatihan dan pengembangan kapasitas bagi dosen dan mahasiswa bioteknologi kesehatan di Indonesia. Pada tahun ini, program HigherHeight difokuskan pada penguatan kapasitas dosen dan peneliti bioteknologi kesehatan di mana lebih dari 15 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia akan mengikuti program ini. Para dosen dan peneliti akan mendapatkan pelatihan dan kesempatan bertukar pikiran terkait berbagai topik, mulai dari advanced genomics, real world data hingga rantai pasok vaksin dengan lembaga riset dan industri bioteknologi kesehatan tingkat dunia. Saat diluncurkan tahun lalu, program HigherHeight diikuti oleh lebih dari 120 mahasiswa dan dosen dari 10 perguruan tinggi di Indonesia.

"Tenaga pengajar dan peneliti merupakan ujung tombak dalam mencetak generasi penerus yang unggul untuk mendorong kemajuan bioteknologi kesehatan di Indonesia. Kami berharap HigherHeight sebagai platform kolaborasi industri dari perguruan tinggi dapat turut mendorong dan menginspirasi penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta inovasi-inovasi yang transformatif," ungkap Dr. Listya Utami Karmawan, Ketua IPSBI, dalam paparannya di seminar hari ini.

Lebih lanjut Listya menyoroti masih terbatasnya alokasi anggaran penelitian dan pengembangan di Indonesia. Idealnya, dana riset suatu negara ialah 1 person dari Produk Domestik Bruto (PDB). Tapi pada 2018, pengeluaran dana riset di Indonesia hanya 0,2 persen terhadap PDB nasional. Sementara pengeluaran dana riset negara-negara lain seperti Malaysia sudah mencapai 1,3 persen terhadap PDB nasional mereka.

Nora T. Siagian, selaku Presiden Direktur Pfizer Indonesia, berharap bahwa HigherHeight sebagai platform kolaborasi bioteknologi kesehatan Indonesia dapat menjadi wadah bagi dosen dan peneliti bioteknologi kesehatan di tanah air untuk berjejaring dengan komunitas global.

"Di Pfizer, kami percaya bahwa pengembangan sumber daya manusia sama pentingnya dengan penekanan pada penguatan penelitian dan pengembangan. Kami berharap pelatihan yang didapat melalui program ini, serta tukar pengalaman dengan pakar-pakar dunia bisa bermanfaat untuk kemajuan bioteknologi kesehatan di Indonesia."

Turut hadir membuka program HigherHeight tahun ini secara daring, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan berbagai terobosan di bidang bioteknologi kesehatan telah banyak kita rasakan manfaatnya, seperti dalam pengembangan obat, terapi, dan juga alat deteksi.

"Aset terpenting yang harus kita jaga dan kita tingkatkan adalah kualitas sumber daya manusia. Diperlukan talenta terbaik Indonesia yang mampu memanfaatkan teknologi ini. Memanfaatkan datanya, menciptakan pembaruan dan menjadi produk yang dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat," kata Menteri Budi Gunadi dalam sambutannya.

Dalam seminar tersebut, beberapa tokoh nasional juga turut hadir mengisi diskusi seperti Direktur Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Roy Himawan, S. Farm., Vice President, Global Innovation Policy, the Information Technology & Innovation Foundation Stephen Ezel, serta Direktur Eksekutif International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG) Inge Sanitasia Kusuma, M.M.
 

-oOo-


Tentang Pfizer Indonesia
Di Pfizer, kami menerapkan ilmu pengetahuan dan beragam sumber daya global kami guna menciptakan terapi bagi masyarakat yang dapat memperpanjang dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara signifikan. Kami berusaha keras untuk menetapkan standar pada kualitas, keamanan, dan nilai dalam penemuan, pengembangan, dan pembuatan produk layanan kesehatan, termasuk obat-obatan dan vaksin yang inovatif. Setiap harinya, mitra kerja Pfizer di seluruh dunia bekerja di berbagai negara maju dan berkembang untuk meningkatkan kesehatan, pencegahan perawatan, dan penyembuhan yang mampu melawan berbagai penyakit yang paling ditakuti saat ini. Sejalan dengan tanggung jawab kami, sebagai salah satu perusahaan biofarmasi inovatif perintis di dunia, kami berkolaborasi dengan penyedia layanan kesehatan, pemerintah, dan komunitas lokal untuk mendukung dan memperluas akses layanan kesehatan yang terpercaya dan terjangkau di seluruh dunia. Selama lebih dari 170 tahun, kami bekerja untuk membuat perubahan bagi semua yang memercayai kami. Untuk mengetahui informasi tentang Pfizer di Indonesia, silakan kunjungi www.pfizer.co.id serta ikuti kami di Instagram dan Youtube @pfizer_id.

Tentang Ikatan Program Studi Bioteknologi Indonesia (IPSBI)
IPSBI atau Ikatan Program Studi Bioteknologi Indonesia merupakan himpunan atau asosiasi beberapa program studi Bioteknologi/Biologi yang memiliki kekhususan Bioteknologi dari seluruh Indonesia. IPSBI diinisiasi oleh beberapa program studi Biologi/Bioteknologi yang memerlukan naungan atau organisasi yang merumuskan bersama-sama standar kurikulum bagi program studi bioteknologi se-Indonesia. Pertama kali diinisiasi melalui pertemuan seluruh kaprodi Bioteknologi di Universitas Atmajaya Jakarta yang dihadiri oleh kaprodi bioteknologi Unika Atmajaya Jakarta, Ubaya, Esa Unggul, UPH, Al-Azhar, I3L, Atmadjaya Jogjakarta, UKDW Jogja, dan SGU. Dilanjutkan dengan perumusan asosiasi dan penetapan pengurus IPSBI di Universitas Esa Unggul, Jakarta. Pertemuan kedua ini dihadiri oleh kaprodi bioteknologi Unika Atmajaya Jakarta, Ubaya, Esa Unggul, UPH, Al-Azhar, IS Sumbawa, I3L, dan SGU. IPSBI telah disahkan secara hukum di hadapan notaris Muhammad Ridha, S.H., pada tanggal 27 April 2017.

Untuk informasi media, silakan menghubungi:
Tenggara Strategics
Yessy Rizky
+62 811-9966-083
[email protected]

News and MediaCareer Privacy StatementTerms of Use Contact Us
Copyright © 2023 PT Pfizer Indonesia. All rights reserved.
PP-UNP-IDN-0134-OCT-2022