• Medical Information Contacts

  • News and Media

  • Contact us

Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Primer di Bogor, Indonesia

May 5, 2021
Photo Credit: Jhpiego/Syane Luntungan

Seharusnya tidak ada anak yang kehilangan nyawanya karena terkena infeksi, tetapi secara global, penyakit menular masih menjadi salah satu penyebab utama kematian anak di bawah usia lima tahun, dan banyak di antaranya yang sebenarnya dapat dicegah.1 

Dengan angka yang diperkirakan mencapai 5,2 juta anak balita meninggal pada tahun 2019, sebagian besar dari penyebab kematian yang dapat dicegah dan diobati, kemajuan substansial telah diraih dalam mengurangi kematian anak di seluruh dunia, dengan angka kematian global balita menurun sebesar 59% sejak 19901.  Tren yang menjanjikan ini juga terjadi di Indonesia, di mana angka kematian bayi secara nasional turun signifikan dari 61 per 1.000 kelahiran pada tahun 1990 menjadi 20 per 1.000 kelahiran pada tahun 20192.

Untuk memperkuat kemajuan Indonesia yang mengesankan ini, proyek Strengthening Primary Healthcare (SHARE) baru saja dijalankan di Kabupaten Bogor. Dengan dukungan dari Pfizer Foundation* dan melalui kemitraan dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jhpiego, yang merupakan afiliasi dari Johns Hopkins University, melaksanakan program SHARE untuk meningkatkan akses masyarakat Indonesia terhadap pelayanan berkualitas tinggi yang dapat menyelamatkan nyawa. Program ini dapat terus dijalankan meskipun pandemi COVID-19 masih berlangsung, dikarenakan segala aktivitas telah dikalibrasi ulang dengan tim untuk memastikan pedoman, protokol kesehatan, dan keselamatan yang direkomendasikan diikuti.

Program SHARE menjangkau para ibu dan keluarga tempat mereka tinggal dengan memberi pendidikan tentang berbagai aspek kesehatan mereka dan anak-anak mereka. Program ini memungkinkan para ibu untuk mendiagnosis diri sendiri dengan lebih baik, menangani penyakit umum, dan mengakses perawatan saat mereka membutuhkannya. Secara bersamaan, proyek ini memperkuat keterampilan tenaga kesehatan komunitas dan bidan desa dengan membantu mereka mempromosikan praktik kesehatan yang baik, meningkatkan pesan pencegahan, mendeteksi penyakit bayi baru lahir dan penyakit anak-anak sejak dini, dan memfasilitasi rujukan yang sesuai. Sejak diluncurkan pada tahun 2020, SHARE telah melatih sekitar 230 komunitas tenaga kesehatan dari 30 desa di seluruh Kabupaten Bogor.

“Tim [SHARE] tetap mendampingi kami bahkan setelah kegiatan pelatihan sudah berakhir.  Kami diberi tugas untuk melakukan kunjungan ke rumah warga dan memberikan konseling, dan selalu diingatkan akan informasi-informasi kesehatan dasar yang penting.  Menurut saya hal ini sangat mengesankan, karena hal ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam 10 tahun terakhir saya memberi pelayanan sebagai kader [tenaga kesehatan garis depan]. Ada juga sesi komunikasi di mana kami mempraktikkan cara penyampaian informasi secara efektif kepada para ibu, yang menurut saya sangat membantu. Sekarang saya merasa jauh lebih percaya diri dalam menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat,” kata Atikah, warga Desa Leuweung Kolot, Kecamatan Cibungbulang, Bogor.

Hal terpenting dari proyek SHARE adalah pendekatan Jhpiego dalam menempatkan semua mitra dan tim pendukung sebagai inti dalam mendesain program. Dengan mendefinisikan ulang pusat kesehatan lokal -  atau biasa disebut Puskesmas - sebagai pusat informasi dan layanan kesehatan yang berkualitas untuk membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan yang baik, bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk dikunjungi saat anak-anak atau anggota keluarga lainnya sedang sakit, dan sistem kesehatan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Dengan diadakannya pusat pelayanan dan informasi kesehatan yang berkualitas, Jhpiego dapat memberi pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para tenaga kesehatan garis depan.

 “Kami menemukan desain yang berpusat pada manusia (masyarakat) bisa menyatukan pikiran dan membangun banyak solusi. Bersama-sama, kami melihat akar penyebab dari berbagai masalah dan menyepakati titik temu sebelum memulai pencarian solusi yang memungkinkan”, jelas Ibu Dewi, bidan desa dari Kecamatan Leuwisadeng, Bogor.

Proyek SHARE saat ini juga tengah mengembangkan prototipe aplikasi mobile untuk memperkuat Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) dan sistem rujukan untuk bayi baru lahir dan anak balita yang sakit. Aplikasi mobile ini nantinya akan menghubungkan petugas kesehatan masyarakat, bidan desa, dan Puskesmas ketika tanda peringatan muncul dan teridentifikasi selama kunjungan ke rumah warga, sehingga tindakan yang benar dan tepat waktu dapat diambil dengan segera.

Seluruh upaya yang dilakukan memiliki tujuan yang sama, yaitu mendidik dan melibatkan semua mitra dan tim pendukung di komunitas setempat dalam mengelola pelayanan kesehatan mereka, dan memperkuat koordinasi dan kontinuitas antar sistem pelayanan kesehatan primer. 

Tingkat keberhasilan pendekatan seperti ini dan pembelajaran yang diterima bersama sepanjang perjalanan akan membantu upaya dalam ekspansi pelayanan di desa-desa dan daerah lain. Dengan cara ini, kemajuan yang diraih di Bogor dalam mendapatkan akses ke pelayanan kesehatan berkualitas tinggi dapat memberi dampak positif di masa depan bagi masyarakat setempat dan berbagai wilayah lainnya dalam membangun dunia yang lebih aman dari penyakit menular.

Pelajari lebih lanjut tentang komitmen kami terhadap kesehatan global di sini.

* Pfizer Foundation adalah organisasi sosial yang didirikan oleh Pfizer Inc. dan merupakan badan hukum terpisah dari Pfizer Inc. dengan batasan hukum yang berbeda.

Referensi: 
World Health Organization. (8 September 2020). Children: improving survival and well-being. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/children-reducing-mortality.

The World Bank. (n.d.). Mortality rate, infant (per 1,000 live births) - Indonesia. Mortality Rate, Infant (per 1,000 live births). https://data.worldbank.org/indicator/SP.DYN.IMRT.IN?end=2019&locations=ID&start=1990

Tags: Global Health, Partnerships, Maternal Health, Child Health, Grants, Primary Healthcare, Impact, Innovation, The Pfizer Foundation 

Topik-topik lain terkait: 
https://www.pfizer.com/news/hot-topics/the_pfizer_foundation_invests_in_community_based_solutions_to_combat_the_threat_of_infectious_diseases 
https://www.pfizer.com/news/hot-topics/pfizer_partners_with_wellcome_to_combat_antimicrobial_resistance_in_sub_saharan_africa
PP-PFE-IDN-0126-JUL-2021
HEALTH AND WELLNESS Disease and Conditions Patient Awareness and Assistance OUR SCIENCE  Focus Area OUR PEOPLE Our Values The Journey in Indonesia Talent Development in Indonesia  Graduate Trainee Program OUR PURPOSE About Pfizer Commitment to Global Health A New Pfizer OUR PRODUCTS How Drugs are Made Upjohn Medical Information Contacts